kuliah di surabaya

Benarkah Biaya Kuliah S2 di Surabaya Murah?

Melanjutkan kuliah pascasarjana di Surabaya sering dipilih oleh lulusan S1 yang mencari alternatif selain kuliah S2 di Jakarta atau Yogyakarta. Biaya kuliah S2 di Surabaya yang lebih terjangkau daripada kuliah di Jakarta dan Yogyakarta membuat kota ini menjadi pilihan yang ideal. Di samping terkenal murah dan berkualitas, ada juga yang melanjutkan pendidikan di Kota Pahlawan ini karena mendapat beasiswa dari pihak swasta maupun pemerintah.

Alasan Memilih Kuliah S2 di Surabaya

biaya kuliah s2 di surabaya

Kota Surabaya bisa saja disebut kota metropolitan, tapi, biaya hidup di kota ini lebih murah dari kota metropolitan lainnya. Biaya hidup yang murah tentu sangat menguntungkan bagi para mahasiswa yang memiliki dana terbatas. Hanya dengan menyiapkan uang makan sekitar Rp. 200 hingga 500 ribuan per bulan, kebutuhan makan Anda sudah tercukupi di kota ini.

Sarana transportasi di Surabaya cukup bervariasi mulai dari bus kota hingga ojek. Jadi, cukup mudah bagi mahasiswa luar kota untuk bepergian ke kampus maupun ke tempat lain. Jika Anda memilih tempat kos dekat kampus, maka Anda bisa menghemat biaya kuliah S2 di Surabaya.

Sebagian besar mahasiswa mengambil pendidikan S2 di Surabaya karena memperoleh beasiswa di universitas terkemuka di Surabaya. Universitas di Surabaya termasuk salah satu universitas yang paling sering menawarkan sponsorship bagi mahasiswa dari luar kota. Jadi, tak mengherankan jika kota ini menjadi jujukan bagi calon mahasiswa S2 yang membutuhkan kuliah pascasarjana murah dan berkualitas.

Kuliah S2 di Surabaya Lebih Murah dari Tempat Lainnya

Biaya kuliah S2 biasanya cukup mahal, sebut saja biaya kuliah S2 di Yogyakarta bisa mencapai lebih dari Rp 10 jutaan per semester. Sedangkan biaya kuliah S2 di Surabaya ada yang hanya Rp 6 hingga 8 jutaan saja per semesternya. Lebih murah bukan?

Sebagai contoh biaya kuliah kelas karyawan S2 di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Untuk biaya awal, Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000.000. Sedangkan biaya studi per bulan hanya sekitar Rp. 1.400.000 saja selama 18 bulan.

Di universitas lain seperti Universitas Negeri Surabaya, biaya kuliah program pascasarjana S2 kelas reguler hanya sekitar Rp 8 jutaan per semester. Sementara untuk kelas reguler jenjang S3 hanya Rp 10 jutaan per semester, setara dengan biaya kuliah S2 di Yogyakarta.

Bahkan universitas terkemuka seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) juga menerapkan biaya kuliah S2 yang cukup terjangkau. Anda bisa menikmati kuliah jenjang pascasarjana di institut ini hanya dengan membayar SPP sekitar Rp 8 jutaan per semester.

Baca juga : Kalau ke Yogyakarta Wajib Kunjungi 4 Tempat Wisata Ini!

Beberapa kampus lainnya seperti Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur, Universitas Muhammadiyah Surabaya (Unmuh) dan Universitas Wijaya Putra Surabaya juga menawarkan kelas malam pascasarjana dengan tarif yang cukup terjangkau.

Tips Sukses Kuliah S2 Murah di Surabaya

Meski biaya kuliah pascasarjana di Surabaya tergolong murah, ada baiknya Anda melakukan beberapa tips berikut ini demi menekan biaya kuliah.

  • Mendaftar lebih awal
    Untuk bisa menikmati tarif lebih murah, sebaiknya Anda mendaftar kuliah pascasarjana lebih awal. Biaya pendaftaran gelombang I biasanya lebih murah daripada biaya pendaftaran gelombang ke II dan ke III.

  • Mengambil kelas malam
    Jika sedang bekerja, sebaiknya mengambil kuliah kelas malam sehingga pekerjaan tidak terbengkalai. Jadi, Anda masih memiliki penghasilan meskipun sedang melanjutkan pendidikan.

  • Jangan menunda pekerjaan kampus
    Agar bisa menekan
    biaya kuliah S2 di Surabaya, sebaiknya jangan sering menunda pekerjaan dari kampus. Kalau Anda bisa mengerjakan tugas tepat waktu dan memiliki time management yang baik, niscaya kuliah Anda bisa selesai tepat waktu sehingga tak banyak uang dihabiskan untuk menyelesaikan kuliah.

Berbagi itu Ruar Biasa!

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *