mesin cuci piring

Dishwasher: Mesin Cuci Piring Teknologi Masa Kini

Dishwasher / mesin cuci piring merupakan teknologi modern dari cara tradisional mencuci piring satu per satu secara manual menggunakan tangan. Berbeda dengan rumah – rumah di negara barat yang wajib memiliki dishwasher, keberadaan dishwasher memang kurang begitu booming di Indonesia, mungkin  juga karena harganya yang tidak semurah westafel pencuci piring atau mungkin karena orang Indonesia belum teredukasi menggunakan alat ini. Sebenarnya jika ditelusuri ada banyak kelebihan menggunakan mesin pencuci piring / dishwasher ketimbang menggunakan cara lama, antara lain:

  • Menggunakan dishwasher lebih hemat waktu karena saat proses pencucian, kita juga bisa mengerjakan pekerjaan lain tanpa perlu mengawasi dishwasher terus menerus.
  • Menggunakan dishwasher juga diklaim lebih hemat air karena pencucian menggunakan semprotan air bertenaga sehingga lebih sedikit air yang dibutuhkan.
  • Menggunakan dishwasher juga lebih higienis karena selain dibersihkan menggunakan semprotan berdaya kencaang, ada beberapa dishwasher juga menyemprotkan uap panas untuk mengeringkan peralatan sehingga cucian tidak hanya bersih tapi juga bebas kuman.

Baca juga tips Pentingnya Menjaga Pola Makan

Nah, sudah bisa dipastikan bukan bahwa dishwasher mempunyai banyak kelebihan dari cara mesin cuci manual. Tapi apakah Anda juga mau tahu bagaimana sih cara kerja dishwasher yang sebenarnya, disini kita akan sedikit membahas masalah tersebut.

Cara kerja mesin cuci piring otomatis / dishwasher

dishwasher

Berbeda dratis dengan cara pencucian piring manual dimana Anda harus menggosok peralatan dapur satu per satu yang ada cuci, kemudian di bilas dengan air. Cara kerja mesin cuci piring modern ini bisa dibilang lebih hemat air dan higienis. Setelah kita memasukkan semua peralatan yang ingin dicuci ke dalam dishwasher (pastikan tidak ada sisa makanan pada peralatan), mesin tersebut akan mulai bekerja menyemprotkan air hangat bersuhu 55 – 70 derajat celcius untuk membersihkan sisa makanan yang membandel. Setelah itu dishwasher akan kembali menyemprotkan air sabun pencuci piring untuk membersihkan peralatan secara menyeluruh. Beberapa dishwasher merek tertentu mempunyai fitur bilas sehingga setelah menyemprotkan air sabun, peralatan anda juga akan dibilas hingga bersih.

Ada beberapa dishwasher juga menyisipkan fitur pengeringan otomatis. Jadi setelah proses pencucian peralata selesai, dishwasher akan menyemprotkan uap bersuhu hangat untuk mengeringkan sekaligus membunuh bakteri tak terlihat pada peralatan. Dishwasher merek Modena, Sharp ataupun Teka rata – rata memiliki fitur bilas  dan pengeringan. Harga dishwasher / mesin cuci piring otomatis ini cukup beragam antara 4 hingga 7 juta rupiah di pasaran.

Berbagi itu Ruar Biasa!

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.