manfaat bantal menyusui

Manfaat Bantal Menyusui yang Jarang Diketahui Oleh Ibu

Ibu yang sudah melewati masa persalinan tentu sudah tidak sabar untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati di masa menyusui. Selama masa menyusui tersebut ada baiknya menengok manfaat bantal menyusui yang tentu saja menguntungkan ibu dan bayi. Bantal menyusui sesuai dengan namanya dipergunakan oleh ibu menyusui sebagai alat bantu. Tujuannya tentu saja memberikan kenyamanan bagi ibu maupun buah hati selama proses pemberian ASI agar tidak tersendat.

Manfaat Bantal Menyusui Bagi Para Busui

Sesuai dengan istilah yang menamai bantal jenis ini, bantal menyusui memiliki fungsi atau kegunaan utama sebagai alat bantu dalam proses pemberian ASI. Soal dirasa efektif atau tidak tentunya relatif sebab bergantung pada kondisi bayi yang disusui tersebut. Tatkala bayi mulai banyak bergerak saat menyusui maka memakai bantal menyusui akan kurang tepat. Sebab penopang pada bantal ini lebarnya terbatas sehingga dikhawatirkan bayi akan terjatuh sehingga ada resiko terluka.

bantal menyusui yang nyaman

Selain digunakan untuk keperluan menyusui, rupanya bantal satu ini menghadirkan manfaat tersembunyi yang semakin menguntungkan ibu. Beberapa manfaat tersembunyi tersebut adalah:

  • Penopang punggung bagi ibu hamil,

Selama hamil tentu ibu sering merasakan punggung yang terasa mudah pegal bahkan kadang nyeri. Membantu mengatasi keluhan di masa kehamilan tersebut baiknya menggunakan bantal menyusui yang bisa dijadikan penopang punggung. Mengatasi rasa pegal dan nyeri pun tidak perlu lagi mengunjungi dokter kandungan atau bidan.

  • Menopang tubuh bayi saat belajar duduk,

Setiap harinya bayi akan menunjukan perkembangannya, dan masing-masing anak menunjukan tahap perkembangan berbeda. Tidak perlu gusar saat anak belum bisa tengkurap padahal anak seusianya sudah banyak yang bisa. Hal seperti ini lumrah yang terpenting kita sudah memberi nutrisi terbaik. Tatkala si kecil belajar untuk duduk kita bisa memanfaatkan bantal menyusui untuk menopang punggung bayi. Mengenal manfaat bantal menyusui satu ini tentu sangat menenangkan untuk mencegah anak jatuh ke belakang.

  • Sebagai alat memberi kenyamanan bayi saat bepergian,

Bepergian bersama bayi tentu bukan hal asing dan tidak dilarang selama kondisi kesehatan ibu maupun bayi tidak sedang sakit. Selama bepergian tentu ibu dan bayi akan merasa kurang nyaman terutama jika perjalanan memakan waktu satu jam lebih. Baiknya membawa bantal menyusui, sebab selain membantu menyusui selama di jalan. Bantal ini juga bisa dipakai untuk menjadi tempat duduk si kecil di atas pangkuan ibu.

Baca juga Ini Dia Tips Tepat Pilih Susu Terbaik untuk Buah Hati

  • Sandaran kepala bayi saat tidur dan bermain di kasur,

Bantal menyusui dengan model setengah lingkaran atau yang memanjang bisa dipakai jangka panjang. Sebab nantinya bisa dipakai pula sebagai bantal si kecil saat tidur ataupun sekedar bermain di atas kasur bersama orangtuanya. Manfaat ini membuat orangtua tidak perlu membeli bantal baru seiring pertambahan usia si kecil. Sebab bantal menyusui yang dipakai sejak bayi lahir sampai usia beberapa bulan bisa dipakai kembali sehingga lebih hemat.

  • Menjadi sandaran kepala bayi ketika belajar makan sendiri,

Bayi yang mulai belajar makan sendiri tentunya sudah tidak lagi di posisi tidur melainkan duduk, apalagi jika sudah fasih untuk duduk sendiri. Bantal menyusui kemudian bisa dimanfaatkan sebagai sandaran kepala bayi saat makan sendiri sambil duduk. Supaya tidak terbentur dengan punggung kursi saat mulai bermain dengan makanannya. Bantal menyusui ternyata kaya akan manfaat sehingga menyediakannya adalah pilihan terbaik. Pilih model yang pas untuk manfaat bantal menyusui yang beragam.

Artikel menarik lain tentang Cara Menggunakan Bantal Menyusui

Berbagi itu Ruar Biasa!

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.