biang keringat pada bayi

Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Memiliki buah hati dibawah 1 tahun memang selalu membuat hari – hari kita semakin lengkap dan berwarna, sehingga kita selalu ingin menjaga sang buah hati agar jauh dari penyakit yang bisa menghilangkan keceriaan bayi. Salah satu penyakit yang sebenarnya sering terjadi pada bayi terutama jika si buah hati montok atau berbadan cukup gemuk, bayi bisa dengan mudah terserang biang keringat jika kita tidak berhati – hati dalam melakukan perawatan tubuh bayi kita. Bayi saya sendiri cukup montok dan menggemaskan, tapi kadang membuat saya harus lebih berhati – hati dalam melakukan perawatan tubuh agar si buah hati tidak terkena biang keringat. Nah dalam artikel ini, saya akan membahas singkat beberapa cara yang sudah saya gunakan untuk mencegah biang keringat pada bayi.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ibu untuk Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

biang keringat bayi

Hal paling pertama yang selalu perhatikan dalam perawatan tubuh bayi saya adalah pastikan kondisi kulit bayi saya harus kering, apalagi ketika habis mandi atau terkena air. Ini sebenarnya merupakan nasihat dari ibu saya sendiri yang mengatakan jika kondisi tubuh bayi saya yang montok bisa mengakibatkan biang keringat jika saya tidak telaten dalam mengelap kulit bayi terutama pada bagian lipatan – lipatan seperti ketiak, selangkangan, bokong dll. Sisa air yang menempel dan terkena bedak nantinya akan menggumpal serta menyebabkan kulit merah. Jadi setiap habis mandi ataupun buang air besar, saya selalu mengerinkan kulit anak saya secara menyeluruh dan memastikan tidak ada bagian yang masih basah.

Hal penting kedua adalah penggunaan pampers atau popok. Terus terang selama ini, saya hanya menggunakan popok standar tanpa embel – embel extra dry atau extra soft. Untungnya anak saya belum pernah bermasalah dengan popok apapun yang ia pakai. Selain itu, saya selalu memastikan agar popok anak saya diganti tepat waktu. Jangan menunda – nunda untuk mengganti popok yang sudah penuh apalagi jika bayi kita buang air besar, segera basuh dan ganti popok. Menunda penggantian popok juga bisa menyebabkan kulit bayi memerah.

Baca juga : Ini Dia Tips Tepat Pilih Susu Terbaik untuk Buah Hati

Hal penting ketiga adalah perhatian penggunaan produk perawatan tubuh pada bayi. Sebagai contoh, anak dari teman saya alergi terhadap sejumlah produk baby cream dan akan menyebabkan biang keringat pada bayi. Nah reaksi ini memang berbeda pada tiap bayi, tapi apa salahnya untuk mencoba menstop penggunaan produk tertentu untuk mengetest apakah produk tersebut menjadi penyebab biang keringat pada bayi.

Berbagi itu Ruar Biasa!

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.