sakit gigi

7 Cara Alami Menangani Sakit Gigi Tanpa Obat-obatan

Sakit gigi dapat menjadi gangguan yang cukup hebat di tengah aktivitas sehari-hari, sehingga sebaiknya ditangani dengan segera mungkin. Penyebab daripada sakit gigi adalah terjadinya iritasi atau peradangan pada pusat atau bagian tengah daripada gigi. Iritasi atau peradangan pada gigi merupakan konsekuensi dari beberapa permasalahan gigi seperti gigi berlubang, keretakan gigi, penyakit gusi, kelainan sendi rahang, dan masih banyak lagi.

Cara Menangani Sakit Gigi dengan Pengobatan Rumah Secara Alami

gigi rusak

Mengingat sakit gigi disebabkan oleh berbagai sumber permasalahan yang cukup serius, maka sebaiknya sakit gigi diobati dengan penanganan dari dokter gigi. Akan tetapi, permasalahan utamanya adalah rasa sakit akibat iritasi atau peradangan pada gigi sering tidak tertahankan. Untuk menangani mengatasi rasa sakit pada gigi selagi sebelum menemui dokter gigi dapat ditempuh dengan beberapa obat penahan sakit seperti Ponstan. Rasa sakit pada gigi dapat juga ditangani dengan berbagai macam pengobatan rumah secara alami.

Bahan alami untuk mengobati sakit gigi

  1. Air Garam

Cara yang paling mudah dan umum dilakukan dalam mengatasi rasa sakit pada gigi dengan cepat dan efektif adalah menggunakan air garam. Metode menggunakan air garam ini membantu dalam mengatasi pembengkakan dan peradangan, serta melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada gigi. Siapkan 1 gelas air hangat dan campurkan 1 sendok penuh garam hingga larut keseluruhan dalam air. Bilas keseluruhan mulut dengan air garam selama mungkin lalu muntahkan kembali. Lakukan metode ini selama beberapa kali untuk menghilangkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit gigi.

  1. Bawang Merah

Meredakan rasa sakit pada gigi dengan menggunakan bawang merah bekerja dengan mengandalkan sifat antimikroba dan antiseptik. Sifat antimikroba dan antiseptik yang terkandung dalam bawang merah dapat membunuh kuman yang menjadi penyebab dari infeksi pada gigi. Gunakan bawang merah secara langsung dengan cara mengunyah selama beberapa menit. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menaruh irisan bawang merah pada gigi yang sakit. Pastikan bahwa irisan bawang merah tersebut masih segar dan baru terpotong.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang dapat mengurangi rasa sakit akibat iritasi atau peradangan pada gigi. Hancurkan atau remukkan 1 siung bawang putih dan aplikasikan secara langsung pada gigi yang sakit serta wilayah sekitarnya. Alternatif lain adalah dengan mencampurkan bawang putih bubuk dengan garam meja, dengan cara aplikasi yang sama.

  1. Cengkeh

Salah satu cara klasik dalam mengatasi rasa sakit pada gigi adalah dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh memiliki sifat anastesi, anti-bakteri, anti-oksidan, dan anti-radang yang dapat membantu melawan infeksi. Mengatasi iritasi atau peradangan pada gigi dengan cengkeh dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut.

  • Aplikasi secara langsung

Cengkeh dapat diaplikasikan secara langsung untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Cukup letakkan satu batang cengkeh pada bagian yang sakit, dan biarkan untuk sementara waktu hingga rasa sakit menghilang atau mereda.

  • Cengkeh adonan

Tumbuk 2 batang cengkeh hingga halus dan berbentuk serbuk, lalu tambahkan minyak zaitun atau minyak sayur pada serbuk cengkeh. Setelah campuran tersebut mengental layaknya adonan, aplikasikan pada bagian gigi yang bermasalah.

  • Minyak cengkeh

Clove oil atau minyak cengkeh dapat dimanfaatkan untuk meredakan iritasi atau peradangan pada gigi. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan 1 sampai 2 tetes minyak cengkeh pada gigi yang sakit dengan bantuan kapas. Cara lain dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan setengah gelas air, kemudian gunakan larutan ini sebagai obat kumur namun fokuskan pada bagian yang sakit.

  1. Daun Jambu

Meringankan rasa sakit pada gigi dapat dilakukan dengan menggunakan daun jambu berkat kandungan sifat analgesik, anti-mikroba, dan anti-radang yang dimilikinya. Ada 2 cara berbeda yang bisa dilakukan untuk meringankan sakit pada gigi dengan daun jambu, yaitu:

  • Mengunyah daun jambu

Untuk metode ini, siapkan 1 atau 2 daun jambu untuk membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi. Kunyah daun jambu terus-menerus hingga daun jambu mengeluarkan semacam air dari daunnya.

  • Sebagai obat kumur

Rebus daun jambu sebanyak 4 hingga lembar dalam air, lalu tambahkan garam pada air rebusan daun jambu ketika sudah mendingin. Gunakan air rebusan daun jambu layaknya obat kumur untuk mencuci mulut secara keseluruhan.

  1. Es

Es dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi dengan bekerja ke dalam ujung saraf untuk mematikan rasa sakit. Penggunaan es bisa dilakukan dengan ice pack maupun es batu biasa yang dibalutkan dalam kain bersih. Aplikasikan es pada bagian yang sakit dari bagian luar pipi, lalu tetapkan es pada posisi tersebut selama beberapa menit.

  1. Teh

Kandungan tannis pada teh dapat memberikan hasil mati rasa pada daerah yang bermasalah. Setelah selesai menyeduh teh, manfaatkan kantung teh yang masih hangat untuk mengatasi rasa sakit pada gigi. Taruh kantung teh hangat secara hati-hati pada mulut dan pastikan bahwa kantung teh tidak sobek ketika meletakkan.

Baca juga: Makan Buah Pepaya untuk Hidup yang Lebih Baik

Demikianlah beberapa pengobatan rumah secara alami yang dapat membantu mengatasi rasa sakit pada gigi. Sebagai alternatif tambahan, menggosok gigi dan membersihkan dengan benang gigi juga dapat membantu meringankan iritasi dan peradangan pada gigi. Perlu diingat, walaupun metode-metode ini dapat menangani rasa sakit secara efektif, tetapi metode-metode ini tidak dapat menyembuhkan permasalahan yang menyebabkan sakit gigi.

Summary
7 Cara Alami Menangani Sakit Gigi Tanpa Obat-obatan
Article Name
7 Cara Alami Menangani Sakit Gigi Tanpa Obat-obatan
Description
Sakit gigi dapat menjadi gangguan yang cukup hebat di tengah aktivitas sehari-hari, sehingga sebaiknya ditangani dengan segera mungkin.
Author
Publisher Name
Udivy

Berbagi itu Ruar Biasa!

Comments

comments

4 pemikiran pada “7 Cara Alami Menangani Sakit Gigi Tanpa Obat-obatan”

  1. Ini artikel kudu dibookmark nih. Karena kadang gigiku nyut-nyutan. Nggak tau pasti sih penyebabnya apa, mungkin karena gusi belakang yang bolong kecil. Dan cengkeh kayaknya harus saya coba. Makasih infonya, kak. Ijin share ya? 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *